Wawasan Nusantara

A. Pengertian wawasan nusantara
GBHN 1993 joncto GBHN 1998 menyebutkan wawasan nusantara penyelenggaraan pembangunan nasional bersumber pada Pancasila dan UUD 1945. Wawasan nusantara berasal dari kata wawas artinya pandangan ,dan keyakinan. Wawasan nusantara mengenal diri dan lingkungannya ,dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat ,berbangsa dan bernegara.

B.Sejarah wawasan nusantara
Menurut sejarahnya wawasan nusantara berawal dari paham kebangasaan Indonesia sejak tanggal 20 mei 1908 ,yang dimantapkan melalui sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928. Kemudian diwujudkan dalam bentuk Negara Indonesia melalui proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 dan dirumuskan dalam bentuk dasar Negara dan pandangan hidup pancasila. Deklarasi juanda tanggal 13 desember 1957. Pengumuman pemerintah tentang landasan kontinen Indonesia tanggal 17 februari 1969.
Tanggal 17 februari 1969 pemerintah mengeluarkan pengumuman yang menjelaskan tentang landasan wilayah Negara republic Indonesia sebagai usaha meningkatkan perjuangan untuk pengakuan gagasan wawasan nusantara ,sebagai manifestasi persaudaraan dan kesatuan pancasila.

C.Zona ekonomi eksklusif
Konferensi pbb tentang hukum laut II di new York tanggal 30 april 1982 telah menerima konvensi pbb tentang hukum laut ,kemudian ditanda tangani di montego bay ,Jamaica ,tanggal 10 desember 1982 ,antara lain mengakui tentang asas Negara kepulauan dan zona ekonomi eksklusif .tanggal 18 oktober 1983 pemerintah ri mengeluarkan uu no.5 tahun 1983 tentang pengesahan united nations convention on the lawa of the sea ( Asas Negara kepulauan ).

D.Wawasan Dalam GBHN
Wawasan dalam nusantara sebagai konsep politik adalah wawasan yang dirumuskan dalam GBHN sejak tahun 1973 yang meliputi bidang politik,ekonomi social,budaya dan HANKAM ,yang pada dasarnya merupakan kristalisasi dari wawasan yang pernah ada yaitu wawasan buana ,wawasan bahari ,dan wawasan dirgantara.

E. perwujudan wwasan nusantara
Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik artinya :
  1. Kebulatan wilayah nasional dengan segal isi dan kekayaannya ,merupakan satu kesatuan wilayah ,ruang hidup dan kesatuan matra seluruh bangsa dan menjadi model dan menjadi milik bersama bangsa.
  2. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan meyakini berbangsa agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa ,harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluasnya.
  3. Secara psikologi bangsa Indonesia harus merasa satu,senasib ,sepenanggungan,sebangsa dan setanah air,serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.
  4. Pancasila adalh satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan Negara yang melandasi bimbingan an mengarahkan bangsa menuju tujuannya.
  5. Kehidupan politik diseluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan pancasila dan uud 1945.
  6. Seluruh kepulauan nusantara merupakan satu kesatuan system hukum dalam arti bahwa ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional.
  7. Bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan bangsa lain,ikut menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan ,perdamaian abadi dan keadilan social melalui politik luar negeri yang bebas dan aktif serta diabadikan pada kepentingan nasional.
F. perwujudan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi artinya :
Kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupun efektif adalh modal dan milik bersama bangsa ,dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata diseluruh wilayah tanah air.
  1. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang diseluruh daerah , tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki daerah dalam mengembangkan kehidupan ekonominya.
  2. Kehidupan perekonomian diseluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
G. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial dan budaya artinya:
  1. Masyarakat Indonesia adalh suatu peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan bangsa yang serasi dengan adanya tingkat kemajuan masyarakat yang sama,merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan tingakt kemajuan bangsa.
  2. Budaya bangsa Indonesia pada hakekatnya adalah satu,sedangkan ragam corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembanga budatya bagi seluruhnya yang hasil-hasilnya dapat dinikmati bangsa.
H. Perwujudan nusantara sebagai satu kesatuan hankamnas dan budaya artinya:
  1. Ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh warga dan Negara.
  2. Tiap-tiap warga Negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan Negara.
I. Tujuan wawasan nusantara
Wawasan nusantara memiliki tujuan kedalam dan tujuan keluar
Tujuan kedalam
Untuk mewujudkan kesatuan kesegenap aspek kehidupan baik aspek alamiah maupun aspek sosial.
Aspek alamiah mencakup tiga bidang yang disebut tri gatra yaitu :
a. gatra geografi
b. gatra kekayaan alam
c. gatra kualitas sumber daya manusia
aspek sosial mencakup lima bidang yang disebut panca gatra yaitu :
a. gatra ideology
b. gatra politik
c. gatra ekonomi
d. gatra sosial budaya
e. gatra hankam
b. tujuan keluar
ikut serta mewujudkan kebahagiaan,ketertiban dan perdamaian seluruh umat manusia .



www.mr-erick.com

Belum ada Komentar untuk "Wawasan Nusantara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel