Definisi Ilmu Politik

Definisi Ilmu Politik Sbb :
  1. Aristotelles ilmu politik adalah bagian dari etika yang berutusan dengan kegiatan manusia sebagai kelompok , manusia sebagai makhluk polis memiliki kecendrungan alamiah untuk membentuk kelompok dan bertindak dalam kerangka kelompoknya.
  2. Poyche mitchel:Ilmu politik pengambillan keputusa kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk seluruh masyarakat.
  3. Wirjono projodikoro:Ilmu politik ialah bahawa sifat terpenting dari bidang politik atau penggunaan kekuasaan oleh suatu golongan anggota masyarakat terhadap golongan lain.
  4. Roger F. Soltau dalam introduction to politics (ilmu politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan tersebut, hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lain)
  5. J. Barents dalam Ilmu Politika (ilmu politik adalah mempelajari kehidupan negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat ; ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya).
  6. Menurut Bluntschli, Garner dan Frank Goodnow menyatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan.
  7. Sedangkan pendapat Seely dan Stephen leacock, ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menanggani pemerintahan.
  8. Lasswell ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pengaruh dan kekuasaan.
  9. R.N. Gilchrist; dan Lasswell bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pengaruh dan kekuasaan.
  10. Menurut Seely dan Stephen Leacock, ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menangani pemerintahan.
  11. Dilain pihak pemikir Prancis seperti Paul Janet menyikapi ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan, Pendapat ini didukung juga oleh R.N. Gilchrist.
  12. Dilain pihak pemikir francis seperti Paul Janet menyikapi ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan, Pendapat ini didukung juga oleh R.N. Gilchrist.
  13. Ramlan Surbakti,Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masayarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
  14. Miriam Budiarjo,Politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik (atau negara) yang menyangkut proses menetukan tujuan-tujuan dari sistem tersebut dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.
  15. Roger F. Saltou,ilmu politik adalah mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu, hubungan antara negara dengan warga negaranya serta negara dengan negara lain.
  16. Harold Laswell.Politik menyangkut “who gets what, when, and how”
  17. David Eston,ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijaksaan umum.
  18. Harold D. Lasswell,politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.
  19. Joyce Mitchel,politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.
  20. Paul Janet (Pemikir Perancis )Menyikapi ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan.
  21. Seely dan Stephen Leacock,Mengatakan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menanggani pemerintahan.
  22. Bluntschli, Garner dan Frank Goodnow,Menyatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan.
  23. W.A Robson dalam The University Teaching of Social Sciences: “Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Focus perhatian sarjana ilmu politik, tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain, atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.”
  24. Harold D. Laswell dan A. Kaplan dalam Power and Society:Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan.”
  25. Rod Hague At Al:Politik adalah kegiatan yang menyangkut carabgaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan di antara anggotanya.
  26. Deliar Noer:ilmu politik memusatkan perhatian padamasalah kekuasaandalam kehidupan bersama atau masyarakat.
  27. Karl W. Deutch,politik adalah pengmbilan keputusan melalui sarana umum.
  28. Menurut Goodin dalam buku “A New Handbook of Political Science”,Politik dapat diartikan sebagai penggunaan kekuasaan social secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan tersebut.
  29. Miriam Budiardjo dalam buku ”Dasar-dasar Ilmu Politik,ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti Plato dan Aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life(kehidupan yang baik).
  30. Kosasih Djahiri,ilmu politik yang melihat kekuasaan sebagai inti dari politik, melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan.
  31. R.N. Gilchrist; dan Lasswell,Menyetujui bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pengaruh dan kekuasaan, serta ilmu yang mengkaji teori dan fakta tentang.


Belum ada Komentar untuk "Definisi Ilmu Politik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel